Ginjal, Si Kecil Pengeluar Racun


Hai Readers. Seakarang saya akan membahas mengenai ginjal yang ada dalam tubuh kita.


Ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi manusia. Karena segala zat yang beracun, sampah, berlebihan dan tidak dipakai yang akan dikeluarkan. Jika tidak dikeluarkan dapat mengakibatkan penumpukan sampah pada darah.


Pada dasarnya ginjal merupakan organ tubuh yang sangat rentan. Sekali terjadi pendarahan di dalam ginjal bisa menjadi sangat fatal. Berita bagusnya, manusia diciptakan memiliki 2 ginjal. Ginjal berposisi di sekitar atas tulang pinggul/di bawah pusar.

Proses pembentukan urine oleh ginjal awalnya masih merupakan darah. Darah tersebut melewati nefron ginjal yang nantinya akan diproses dan membentuk urine. Jumlah nefron ginjal dalam satu ginjal sangat banyak.



1. Glomerulus.
3. Kapsula Bowman.
4. Tubulus Kontortus Proksimal (TKP).
7. Lengkung Henle.
6. Tubulus Kontortus Distal (TKD).
8. Tubulus Kolektivus.

Berikut uraian proses pembentukannya:

1.  Darah di dalam tubuh masuk ke dalam ginjal dan mulai dialirkan ke nefron ginjal.

2.  Di dalam nefron ginjal terdapat badan Mapighi yang isinya merupakan glomerulus yang dibungkus oleh Kapsula Bowman. Di dalam glomerulus terdapat pembuluh darah halus yang sangat banyak. Darah memasuki proses filtrasi untuk disaring agar menghilangkan protein pada darah, sehingga tidak lolos keluar bersama urine. Pada tahap ini urine disebut urine primer (masih seperti darah hanya saja tidak ada proteinnya)

3.  Selanjutnya urine primer dialirkan ke Tubulus Kontortus Proksimal (TKP). Di TKP ini urine primer di reabsorpsi (diserap kembali) untuk menghilangkan zat-zat yang masih berguna untuk tubuh. Sehingga menghasilkan urine sekunder.

4.  Lalu urine sekunder melewati lengkung henle, selanjutnya ia akan melewati tahap Augmentasi (penambahan zat billirubin) di Tubulus Kontortus Distal (TKD). Di sini urine sekunder berubah menjadi kekuningan akibat dari efek pencampuran billirubin, sehingga urine disebut urine sebenarnya.

5.  Selanjutnya urine sebenarnya dikumpulkan oleh Tubulus Kolektivus, yang fungsi Tubulus Kolektivus adalah mengumpulkan seluruh hasil urine sebenarnya dari seluruh nefron ginjal yang ada di ginjal.

Ya cukup sampai disini saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan terima kasih...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ginjal, Si Kecil Pengeluar Racun"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)