Apa Yang Terjadi Jika Helikopter Diam Di Angkasa


Helikopter yang terbang di angkasa secara diam (tidak melakukatan dorongan tambahan) akan tetap terlihat disana/tidak bergerak kesamping.



Hal ini diakibatkan karena adanya hukum kelembaman. Pada awalnya ketika sebuah helikopter di darat ia sudah bergerak mengikuti rotasi Bumi. Sehingga meskipun ia sudah terbang pun akan tetap bergerak mengikuti rotasi Bumi, ditambah juga udara di atas ikut bergerak mengikuti rotasi Bumi.

Saat Helikopter ingin terbang pun seluruh udara ditarik ke bawah agar helikopter bisa terbang. Bahkan pada kenyataannya apabila pusaran udara dari baling-baling helikopter tersebut terlihat/bewarna, dapat dilihat ketinggiannya mencapai sekitar 20-50 m.

Itulah mengapa jika kalian melihat serial TV dimana ada adegan helikopter yang sedang terbang akan mengakibatkan segala yang ada dibawahnya seperti meja, kursi dll. Yang beratnya hanya mencapai sekitar 10 kg bisa terpental cukup jauh.

Lalu pernahkah kalian melihat ketika ada sebuah helikopter, biasanya yang pertama diserang adalah bagian baling-baling ekornya? Mengapa demikian?

Fungsi dari baling-baling ekor helikopter adalah sebagai penyeimbang helikopter agar tidak berputar-putar. Karena saat baling-baling utama berputar yang misalnya searah jarum jam, maka helikopter akan terdorong untuk berputar berlawanan arah jarum jam. Nah di sinilah peran dari baling-baling ekor untuk melawan arah balik tersebut sehingga helikopter tetap stabil.

Itulah mengapa bagian ekor helikopter sangat rawan tapi penting. Untuk mempertahankan keamanan helikopter dari serangan rudal luar biasanya helikopter memiliki sebuah suar/yang biasa kita sebut Flare yang biasanya ada di ekor helikopter, benda ini berfungsi dengan cara mengeluarkan semacam partikel logam/eksplosif tingkat kecil untuk meledak kan rudal sebelum menghantam helikopter.

Ya diantaranya itulah berbagai informasi seputar Helikopter, semoga bermanfaat. Dan juga mohon maaf apabila ada salah kata, terima kasih...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Yang Terjadi Jika Helikopter Diam Di Angkasa"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)