Tumbuhan, Sang Penyejuk Alam


       Selamat datang kembali disini di Sainsologi, sekarang ini mimin ingin membahas mengenai tumbuh-tumbuhan di bumi kita ini. Banyak beragam tumbuhan yang ada di dunia ini yang memiliki kemampuan bermacam-macam, salah satu kemampuannya adalah fotosintesis

       Sebagian besar tumbuhan memiliki kemampuan autotrof (mampu membuat makanannya sendiri), proses pembuatan makanan inilah yang disebut fotosintesis. Hanya sebagian kecil yang tidak mampu berfotosintesis sehingga mereka memakan makhluk hidup lainnya.
 
       Proses fotosintesis merupakan reaksi kimia dimana air (HO) ditambah Karbon dioksida (CO) direaksikan dengan Klorofil (zat hijau pada daun) dan cahaya (biasanya menggunakan cahaya matahari) sehingga menghasilkan Glukosa (CHO). dan Oksigen (O₂). Glukosa inilah yang digunakan tumbuhan sebagai energinya. Lalu Oksigennya bagaimana? Oksigennya akan digunakan kembali oleh tumbuhan pada proses respirasi (pernapasan) pada tumbuhan dan juga makhluk hidup lainnya seperti hewan dan manusia.
 
       Lalu jika memang tumbuhan menghasilkan Oksigen yang nantinya juga diperlukan untuk proses respirasi dirinya dan makhluk lain, apakah tidak akan kurang Oksigen yang dihasilkannya? Tentu tidak, Oksigen yang dihasilkan tumbuhan itu sangatlah banyak sehingga tidaklah akan habis oleh dirinya sendiri. Tapi tentu jika jumlah tumbuhan tidak seimbang dengan makhluk lainnya, lama-lama jumlah oksigen juga akan semakin sedikit.
 
       Ya demikian yang dapat saya sampaikan mohon maaf atas segala kekurangannya dan terima kasih atas perhatiannya. Wassalamu'alaikum...
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tumbuhan, Sang Penyejuk Alam"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)