Tuberkulosis (TBC) The Silent Killer

(Gambar Paru-paru yang Normal)

       Hai Sainsologi's Readers... Hari ini mimin akan membahas mengenai penyakit mematikan yang tidak terdeteksi atau bisa dibilang The Silent Killer. Lalu apa yang membuatnya begitu mematikan? Mari kita bahas,

       Tuberkulosis atau yang biasa kita dengar TBC merupakan penyakit menular yang umum dan banyak menyebabkan kematian. Penyakit ini disebabkan oleh mikrobakteria yang umumnya merupakan Mycobacterium Tuberculosis atau bisa disingkat MTBC. Tuberkulosis biasanya menyerang paru-paru, namun juga bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Cara penyebarannya adalah lewat udara yaitu ketika seseorang yang terinfeksi TB aktif sedang batuk, bersin, atau lewat butiran ludahnya melalui udara.

       Infeksi dari TBC umunya bersifat asimtomatik/tidak terasa gejalanya dan laten. Namun perbandingannya hanya 1 dari sepuluh infeksi laten yang berkembang menjadi penyakit aktif. Bila tidak diobati maka kemungkinan lebih dari 50% orang yang terinfeksi bisa meninggal. Gejala pada TB aktif yaitu batuk kronis dengan dahak, demam, berkeringat di malam hari, dan berat badan turun.

       Cara mendiagnosis TB aktif atau tidak tergantung daru hasil radiologi yang biasanya menggunakan sinar-X pada dada, serta pemeriksaan mikroskopis dan pembuatan kultur mikrobiologis cairan tubuh. Sedangkan TB yang laten bergantung pada tes tuberkulin kulit dan tes darah.

       Cara pengobatannya pun cukup sulit, karena memerlukan pemberian banyak macam antibiotik dalam jangka waktu yang lama. Orang-orang yang melakukan kontak juga harus menjalani tes penapisan dan diobati bila diperlukan. Dari pengalaman teman mimin sih dia pernah terkena penyakit flek yang merupakan penyebaran dari TBC aktif orang dewasa, karena TBC itu hanya untuk dewasa sedangkan apabila anak kecil terkena namanya adalah flek.

       Para ahli percaya bahwa sudah mencapai 1/3 populasi dunia yang telah terinfeksi oleh M. Tuberkulosis, dan infeksi baru terjadi dengan kecepatan 1 orang/detik. Pada tahun 2007 diperkirakan ada 13,7 juta kasus kronis yang aktif di dunia. Pada tahun 2010 diperkirakan mengalami pertambahan sebanyak 8,8 juta kasus dan 1,5 juta kematian yang mayoritasnya terjadi di negara berkembang. Masyarakat di negara berkembang banyak yang menderita TB karena kekebalan tubuh mereka yang lemah.



Ya sepertinya itu saja yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatiannya. Wassalamu'alaikum...

Referensi : id.wikipedia.org

      

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tuberkulosis (TBC) The Silent Killer"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)