Termosfer, Ruang Dimana Peran Gravitasi Tak Berarti


Hai Readers, pernah terbayang tidak rasanya melayang bebas itu seperti apa? Tentu untuk melayang bebas, kita perlu lepas dari efek gravitasi Bumi terlebih dahulu bukan?Tapi perlu sampai seberapa jauhkah agar kita terlepas darinya? Mari kita bahas...


Atmosfer kita itu memiliki 5 lapisan, salah satunya yang sekarang akan kita bahas ini adalah Termosfer.

Termosfer adalah sebuah lapisan atmosfer yang ketinggiannya sekitar 75 km - 650 km. Dinamai Termosfer karena terjadi kenaikan suhu yang tinggi sampai sekitar 1982° C. Kenaikan suhu ini terjadi karena adanya proses penyerapan radiasi sinar Ultra Violet. Efek dari sinar UV tersebut menghasilkan reaksi kimia sehingga lapisan ini berion/bermuatan listrik. Karena itulah Termosfer sering disebut juga Ionosfer.

Ionosfer juga berguna dalam kehidupan sehari-hari kita, diantaranya karena sifatnya yang bermuatan listrik sehingga berguna untuk pemantulan gelombang radio, telefon, dll.

Ionosfer juga berperan penting sebagai pelindung bumi dari berbagai meteor yang ditarik oleh gravitasi Bumi. Karena pada lapisan ini meteor akan terbakar dan terurai sebelum sampai ke permukaan Bumi, kecuali jika ukuran meteor itu terlalu besar.

Oh ya, pada lapisan Termosfer inilah yaitu tempat dimana gravitasi sudah mulai tidak terasa. Tapi jika memang sudah tidak ada lagi gravitasi, mengapa Bulan yang posisinya tentu lebih jauh tetapi tetap tertarik oleh Bumi?


Ingatkah kalian tentang prinsip, "Suatu Massa akan menarik Massa yang lain." Nah, dari situ dapat dikatakan bahwa karena besarnya massa Bumi dapat menghasilkan gravitasi yang besar, tetapi karena massa kita begitu kecil sehingga gravitasi Bumi-lah yang paling berperan menarik kita. Sedangkan pada kasus yang lain seperti Bumi dapat menarik Bulan karena keduanya memiliki massa yang besar sehingga mereka saling menarik satu sama lain dengan cukup kuat. Tentunya karena massa Bumi lebih besar dari Bulan menjadikan Bulan-lah yang mengitari Bumi, bukan sebaliknya.

Nah sekarang sudah pahamkan mengenai Termosfer dan prinsip kerja Gravitasi. Hmmm, sepertinya mimin udah harus pamit dulu deh. Terima kasih atas waktunya dan mohon maaf apabila ada yang salah, Wassalamu'alaikum...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Termosfer, Ruang Dimana Peran Gravitasi Tak Berarti"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)