Planet Gliese 581 c


       Hai Readers, kali ini saya ingin membahas mengenai salah satu planet ekstatasurya yang kemungkinan merupakan planet layak huni. Nama planet ini adalah Gliese 581 c. Planet ini mengitari bintangnya yaitu Gliese 581. Planet ini dikatakan layak huni karena posisinya yang dimana suhu permukaannya yang memungkinkan adanya air. Jarak planet ini dari Bumk kita adalah 20,4 tahun cahaya/193 triliun km. Planet ini terletak di rasi bintang Libra jika dilihat dari bumi.
       Suhu normal planet ini sekitar 0-40°C / 32-104°F. Massanya sekitar 5x-nya Bumi. Berpusat dari pendapat bahwa planet ini adalah planet yang berbatu dam bukan planet dingin, maka planet ini memiliki radius 50% lebih besar dari Bumi. Gravitasi pada permukaannya sekitar 2,1x lebih kuat daripada Bumi.

       Periode orbit planet Gliese 581 c ini adalah 13 harinya Bumi dan mengorbit bintangnya 14x lebih dekat daripada Buki mengelilingi Matahari. Jaraknya dari bintang utamanya adalah sekitar 11 juta kilometer, sedangka Bumi beejarak 150 juta kilometer dari Matahari.

       Planet ini ditemukan oleh tim Stephan Udry dari Observatorium Jenewa di Swiss menggunakan HARPS yang dipasang pada teleskop 3,6 m di European Southern Observatory, La Silla, Chilli. Rencananya tim ini akan menggunakan teleskop MOST yang dibangun di Kanada untuk pengamatan selanjutnya terhadap planet itu.

       Ya demikian, kami ucapkan maaf apabila ada kata-kata yang salah. Dan terima kasih atas perhatiannya, Wassalamu'alaikum~

Referensi : id.wikipedia.org

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Planet Gliese 581 c"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)