Mengapa Satelit Buatan Tidak Jatuh Ke Bumi?


Pernahkah terpikirkan di pikiran kalian mengapa banyak satelit di luar angkasa ini tapi mereka tidak jatuh ke Bumi karena efek gravitasi? Simak penjelasannya berikut ini.



Penyebab utama mengapa satelit bisa mengorbit bumi adalah karena kecepatannya tangential (90 derajat dari arah tarikan bumi) sangat tinggi.

Penjelasan mudahnya seperti ini. Sebenarnya, sebuah satelit ada dalam kondisi terjun bebas (terjatuh). Namun karena kecepatannya sendiri, ia terus menerus meleset menabrak bumi. Dari satelit tersebut, posisi bumi sudah berpindah lagi sebelum ia menabraknya.
Karena posisi bumi usdah berpindah tempat dari satelit tersebut, arah tarikan gravitasi dari bumi juga akan berbeda arah. Akibatnya, arah dari kecepatan satelit ini berubah.

Hal tersebut terjadi terus-menerus hingga satelit tersebut membuat satu orbit lingkaran.

Illustrasi sebuah objek mengelilingi bumi


Selain itu, di atas sana atmosfir bumi sudah sangat tipis. Gesekan udara juga akan menjadi sangat kecil. Akibatnya, kelajuan satelit akan berkurang dengan sangat perlahan. Perubahan orbit ini juga sudah diantisipasi dengan membawa roket pendorong ke satelit tersebut.

Meskipun suhu di thermosfer cukup tinggi, namun jumlah partikel di sana sangatlah sedikit. Perpindahan panas dari udara ke satelit akan menjadi sangat kecil. 

Ya sepertinya cukup sampai disini saja, terima kasih atas perhatiannya. Like, share & subscribe us on FacebookInstagram & LINE  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Satelit Buatan Tidak Jatuh Ke Bumi?"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)