Mengapa Dataran Rendah Lebih Hangat dari Dataran Tinggi?


Kalian orang Jakarta? Hahaha, pasti udah gak asing lagi kan dengan udara panas disana. Tapi tentu kalian pernah pulang ke kampung halaman kalian yang di daerah tinggi seperti Puncak, Bogor, Bandung, dll.



Tapi mengapa itu semua bisa terjadi??? Baik mimin akan menjelaskannya…

Pada dasarnya posisi Matahari itu lebih dekat pada dataran tinggi dibanding ke dataran rendah. Yang mungkin secara logika kita semakin dekat kita ke sumber panas, maka akan semakin terasa dampaknya. Tapi padahal kali ini berbeda.

Panas Matahari terlebih dahulu terserap oleh permukaan Bumi, sehingga Bumi akan menghangatkan bagian bawah terlebih dahulu. Baru setelah kemudian dataran tinggi juga ikut dihangatkan.

Itulah yang mengakibatkan dataran rendah terasa lebih panas dari dataran tinggi. Tapi hal ini bukan berarti semakin tinggi lagi akan semakin dingin tanpa batas, karena ada bagian atmosfer yang tinggi dimana disitu terjadi kenaikan suhu ekstrim.

Kalian tau kan? Yap, itulah Termosfer (Bagi yang belum paham apa itu Termosfer silahkan klik saja kata Termosfer tersebut). Hal ini diakibatkan karena Termosfer memiliki banyak kandungan Ozon yang berfungsi menyerap radiasi Ultraviolet, sehingga suhu dari lapisan Termosfer pun bisa mencapai 1982°C.

Jadi ya itulah penjelasan seputar apa yang menyebabkan dataran tinggi lebih dingin daripada dataran rendah, kurang lebihnya mohon maaf. Dan terima kasih atas perhatiannya....

Untuk lebih terkoneksi dengan kami, Sainsologi silahlan cari kami di FacebookInstagramLINE & Youtube

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Dataran Rendah Lebih Hangat dari Dataran Tinggi?"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)