Magnesium Hidroksida, Penetral Maag


            Hai Readers, kali ini kita akan membahas tentang magnesium hidroksida. Magnesium hidroksida ini adalah obat yang beredar dipasaran dengan berbagai macam merk. Magnesium hidroksida ini biasa disebut antasida, yaitu obat maag yang sangat terkenal. Kita akan membahas tentang magnesium hidroksida lebih lanjut dibawah ini..

            Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, magnesium hidroksida adalah senyawa anorganik dengan rumus kimia Mg(OH)2 ketika dalam keadaan basah. Mengapa magnesium hidroksida dapat menetralkan asam lambung? Karena ketika magnesium hidroksida bereaksi dengan asam lambung, magnesium hidroksida ini akan menghasilkan magnesium klorida dan air yang berguna untuk menetralkan asam lambung.

            Penggunaan berlebihan senyawa ini dapat membuatnya menjadi obat pencahar dan akan menimbulkan diare, oleh sebab itu penggunaan obat ini harus dikonsultasikan ke dokter atau apoteker saat membeli obat ini. Selain menetralkan asam lambung dan meringankan nyeri yang disebabkan oleh maag, magnesium hidroksida ini juga dapat mencegah kerusakan gigi, dibuktikan dengan kandungan magnesium hidroksida yang terdapat pada pasta gigi.

            Magnesium hidroksida ini memiliki sifat-sifat khusus. Yaitu, sifat fisik dan sifat kimia. Apa saja sifat fisik dan sifat kimia magnesium hidroksida? Akan saya jelaskan lebih rinci dibawah ini.

Sifat fisik :
1. Massa molekul  : 58,3 g/mol

2.  Sistem Kristal   : Heksagonal

3. Densitas             : 2,36 g/cm3

4. Warna                : Tak berwarna

5. Titik lebur          : 350 °C


Sifat Kimia :

1.      Mudah larut dalam HCl

2.      Tidak larut dalam air

3.      Mudah larut dalam garam – garam ammonium

4.      Tidak bereaksi dengan HCl jika pada Mg(OH)2 terdapat pada garam – garam ammonium.


Demikian yang dapat saya sampaikan, jika ada salah kata mohon dimaafkan. Semoga bermanfaat bagi para Readers.

-Zillato
 
Edited by Sir Legolas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Magnesium Hidroksida, Penetral Maag"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)