Jantung & Peredaran Darah Manusia


Hai Readers sekalian, kembali lagi dengan sayaa.. kali ini kita akan membahas tentang jantung. Penasaran kan bagaimana cara jantung bekerja?? Sebelum itu saya akan menjelaskan apa itu jantung dan bagian-bagiannya. Baiklah, mari kita mulai..



Apa itu jantung? Jantung adalah rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Jantung itu sendiri memiliki beberapa bagian yang perlu diketahui yaitu atrium (serambi) atas kanan, atrium (serambi) atas kiri, ventrikal (bilik) bawah kanan dan ventrikal (bilik) bawah kiri. Masing-masing bagian memiliki peran masing masing sebagai sistem peredaran darah.

Darah bisa mengalir ke seluruh tubuh melewati pembuluh darah. Secara tujuan dan asal, pembuluh dibagi menjadi 2, yaitu Arteri dan Vena. Arteri = Pembuluh yang keluar dan menjauh dari Jantung. Vena = Pembuluh yang datang menuju Jantung.

Sistem peredaran pada manusia terbagi menjadi 2 (dua) yaitu, peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.

Peredaran darah besar adalah peredaran darah yang awalnya mengandung Oksigen dan dimulai dari bilik kiri menuju Aorta (Arteri Terbesar), lalu dialirkan ke seleruh tubuh sehingga Oksigen pada darah diserap sel tubuh untuk proses pembakaran dan diganti dengan Karbon Dioksida. Setelahnya darah yang kaya akan Karbon Dioksida kembali dialirkan ke serambi kanan. Darah yang berasal dari organ atas dikembalikan ke Jantung (Serambi kanan) melewati Vena Kava Superior, sedangkan dari organ bagian bawah dikembalikan melewati Vena Kava Inferior yang nantinya mereka akan sama-sama bertemu di serambi kanan. Dari serambi kanan inilah yang selanjutnya darah akan dikirim ke bilik kanan melewati katup Trikuspidalis (3 katup) untuk melakukan proses peredaran darah kecil. Kesimpulannya : Bilik Kiri - Aorta - Seluruh tubuh - Vena Kava Superior & Inferior - Serambi Kanan

Peredaran darah kecil dimulai dari serambi kanan menuju bilik kanan melewati katup trikuspidalis. Lalu, darah tersebut mengalir menuju ke paru-paru melewati Arteri Pulmonalis untuk melakukan pertukaran gas dari Karbon Dioksida menjadi Oksigen. Dari paru-paru, darah yang mengandung Oksigen dikembalikan ke serambi kiri melewati Vena Pulmonalis. Kemudian darah dibawa ke Bilik Kiri melewati katup Bikuspidalis (2 katup) dan memulai peredaran darah besar selanjutnya. Kesimpulannya : Bilik kanan - Arteri Pulmonalis - Paru-paru - Vena Pulmonalis - Serambi Kiri.

Pembuluh darah Arteri & Vena Pulmonalis disebut Pulmonalis karena Pulmo = Paru-paru, karena keduanya sama-melewati Paru-paru.

Demikian yang dapat saya sampaikan, jika ada salah kata mohon dimaafkan. Semoga bermanfaat bagi para Readers.

-Zillato

Edited by Sir Legolas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jantung & Peredaran Darah Manusia"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)