Bagaimana Tata Surya Bisa Terbentuk?


Hai readers, pernahkan terpikirkan oleh kalian bagaimana cara tata surya
terbentuk? Dari ledakan kah? Dari debu menyatukah? Atau dari lepasnya suatu unsur dari pusatnya?


Mari kita bahas... Ada beberapa teori yang membicarakan bagaimana tata surya terbentuk, berikut penjelasannya:

      1. Teori  Proto Planet (Awan Debu)
Bermula dari awan gas dan debu yang bertebaran di alam semesta. Salah satunya mengalami pemampatan, proses itu mengakibatkan partikel-partikel debu tertarik ke pusat awan dan membentuk gumpalan bola gas dan mulai berputar. Karena efek gaya sentrifugal mengakibatkan bola gas ini lama-kelamaan menjadi semacam cakram. Karena bagian pusatnya terus ditekan kedalam mengakibatkan pusatnya berpijar dan menjadi bintang (Matahari), sedangkan karena bagian luarnya berputar sangat cepat sehingga pecah menjadi kepingan-kepingan kecil dan menjadi planet-planet dan satelitnya seperti yang ada sekarang ini di tata surya kita.

      2. Teori Pasang-Surut
Ada bintang yang mendekati Matahari, karena gaya gravitasinya-lah yang mengakibatkan lontaran lidah gas panas dari matahari keluar. Gas yang keluar ini pecah menjadi bagian tersendiri dan mengalami pemadatan sehingga menjadi planet-planet.

      3. Teori Planetisimal
Pada awalnya Matahari didekati oleh bintang besar. Karenanya mengakibatkan ledakan di permukaan matahari. Sehingga berbagai puing dan debu bertebaran. Lama-kelamaan puing-puing tersebut bersatu menjadi beberapa bagian dan memadat menjadi planet-planet tata surya.


      4. Teori Nebula/Awan Gas
Sebuah nebula besar berputar-putar dengan sangat cepatnya. Karena perputarannya yang sangat cepat melontarkan cincin cincin gas ke luar. Cincin-cincin gas ini berputar dengan cepat sehingga lama-kelamaan menjadi bola gas dan kemudiam mendingin menjadi padat sehingga terbentuk berbagai planet di tata surya. Sedangkan salah satu bola gas itu menjadi berpijar dan bermassa besar dan menjadi Matahari.

      5. Teori Bintang Kembar
Pada teori ini dikatakan ada 2 bintang kembar yang cukup berdekatan. Salah satu dari mereka meledak dan menlontarkan puing-puing. Puing-puing itu mulai berputar menjadi bola padat dan menjadi planet. Sedangkan bintang yang lainnya tidak meledak dan menarik planet-planet tadi, yang kemudian bintang ini disebut Matahari.


Ya demikian lah yang sekarang dapat mimin sampaikan, mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah, dan terima kasih atas perhatiannya. Wassalamu'alaikum....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Tata Surya Bisa Terbentuk?"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)