Apa Itu Elektrolit dan Apa Contohnya?

  
       Hai readers, sebelum saya membahas tentang elektrolit, bolehlah saya memperkenalkan diri. Saya admin baru Sainsologi, panggil saja Zillato. Ok balik lagi ke tema kali ini, elektrolit.


       Apa yang pertama kali anda dengar ketika mendengar kata “elektrolit”? ya pastinya anda akan menjawab, elektrolit adalah air yang bermuatan elektrik. Jawaban anda benar, namun elektrolit bukan hanya air, tetapi masih banyak bentuk senyawa lainnya, seperti asam, basa, dan garam. Nah, sampai situ kita tahu bahwa elektrolit adalah zat yang terurai dan membentuk ion-ion yang merupakan konduktor elektrik. Elektrolit ini berikatan dengan ion dan kovalen polar.

        Elektrolit ini sendiri terbagi menjadi tiga. Yaitu, elektrolit kuat, elektrolit lemah, dan non elektrolit. Bagi yang belum tahu apa itu elektrolit kuat, lemah, dan non elektrolit, saya akan menjelaskannya secara rinci dibawah ini:

1. Elektrolit Kuat

       Elektrolit kuat adalah elektrolit yang dapat menghantarkan arus listrik dengan baik. Sebagian besar elektrolit kuat merupakan garam. Tetapi, ada beberapa zat asam dan basa yang merupakan elektrolit kuat. Berikut adalah contoh senyawa elektrolit kuat:

Asam   : HCI, HBr, H2SO4, Fe

Basa    : NaOH, Ca(OH2)

Garam : NaCl, KCl, KNO3


2.      Elektrolit Lemah

       Elektrolit lemah adalah elektrolit yang kurang baik dalam menghantarkan arus listrik. Berikut adalah contoh senyawa elektrolit lemah:

Asam   : CH3COOH, HCN

Basa    : NH4OH, Al(OH)3


3. Non Elektrolit

Non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Non elektrolit mempunyai ciri-ciri berikut:

   1. Tidak terionisasi
   2. Isolator atau tidak dapat menghantarkan            listrik
   3. Ketika diuji tidak menimbulkan gelembung        gas dan lampu tidak menyala.


       Demikian materi kimia saya, maaf bila ada kata-kata yang salah. Mohon maaf jika ada perkataan yang salah dan terima kasih.

-Zillato

Edited by Sir Legolas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Elektrolit dan Apa Contohnya?"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)