Titanium, Sang Perisai Berbadan Kertas

       Apa sih itu Titanium? Titanium merupakan sebuah logam yang sangat istimewa, karena Titanium merupakan benda yang sangat kuat seperti baja tetapi jauh lebih ringan dari baja, bahkan beratnya itu hanya 60% nya baja. Titanium juga terlihat mengkilat dan indah dan bukan hanya itu saja, ketahanannya pun terhadap korosi lebih tinggi daripada alumunium dan baja. Titanium juga memiliki ketahanan panas yang sangat tinggi, bahkan titik leburnya saja mencapai 1668°C

       Lalu penggunaan logam ini saat kapan saja? Di bidang militer logam ini sering dipakai di Tank dan Pesawat Luar Angkasa, di bidang industri sering dipakai untuk bahan-bahan pipa agar tahan panas dan korosi. Di bidang kedokteran bisa digunakan untuk implan gigi, penyambung tulang, pengganti tengkorak, dll. Adapun di bidang perikanan dikarenakan sifatnya yang ringan, kuat dan tahan korosi sehingga bisa dijadikan pancingan. Bahkan dijaman sekarang ini Titanium juga sering digunakan untuk perhiasan seperti cincin dan jam tangan.


       Pada tabel periodik Titanium memiliki nomor atom 22 dan bersimbol Ti. Titanium ditemukan di  Cornwall, Kerajaan Britania Raya oleh William Gregor pada fahun 1791 dan dinamakan oleh Martin Heinrich Kalproth dari tokoh mitologi Yunani Titan.
Ya demikian terima kasih semoga bermanfaat...
Referensi : id.wikipedia.org/wiki/titanium

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Titanium, Sang Perisai Berbadan Kertas"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)