Para Astronom Berhasil Memfoto Detail Matahari

Para astronom berhasil menemukan hal baru mengenai Bintik hitam yang berada di matahari yang diameternya hampir 2x diameter bumi. Bintik Matahari raksasa sebenarnya telah difoto pad tahun 2015, tapi karena ada gambar barulah yang membuat para ilmuwan bisa mempelajari mengenai pusat gelapnya dan energi raksasa yang dimiliki Matahari. Bintik Matahari adalah hal yang normal terjadi pada permukaan Matahari dan berkembang tergantung dengan medan magnet Matahari yang sedang terfokus pada daerah-daerah tertentu. Hal inilah yang mengakibatkan bintik Matahari dingin dan berwarna gelap ketika difoto. Hal ini juga bisa menciptakan semburan lidah api dengan berisi kandungan pada Matahari. Semburan lidah api inilah yang menyebabkan munculnya aurora di bumi yang biasa terlihat di daerah kutub dan bukan hanya itu saja, semburan lidah api juga dapat mengakibatkan telekomunikasi kita terganggu.

Para astronom memiliki banyak teleskop yang dapat membantu mereka mempelajari Matahari, tetapi sekarang para ilmuwan telah beralih ke teleskop gelombang radio yang dapat mengambil gambar dengan lebih jelas. Foto-foto baru-baru ini menggunakan teleskop Atacama Large Millimetre/submilimetre Array (ALMA) dari Chili.

ALMA biasanya digunakan untuk menangkap gelombang radio dalam jarak galaksi, tetapi juga dirancang agar bisa menatap matahari tanpa membuat peralatannya hangus. Berkat itu berarti bisa mendeteksi panjang gelombang radio yang tidak dapat ditangkap teleskop lain di Bumi. Panjang kedua gelombang itu adalah 1,25 milimeter dan 3 milimeter. Kedua gelombang ini menyelidiki chromosphere matahari yang merupakan daerah pada permukaan matahari. Tetapi gambar 1,25 milimeter yang diambil oleh ALMA menampilkan gambar yang lebih dalam daripada yang menggunakan gelombang 3 milimeter. Dan menariknya dari foto yang sangat berbeda ini menunjukkan bahwa suhu di bawah bintik Matahari berubah bergantung pada seberapa dalam itu terdapat.


Sekian terima kasih, semoga bermanfaat
Referensi : sciencealert.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Para Astronom Berhasil Memfoto Detail Matahari"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)