Pale Blue Dot: Bumi tempat kita tinggal

Pale Blue Dotters
Bumi kita tertangkap kamera wahana antariksa Voyager 1 dari dekat Cincin Saturnus
Pale Blue Dot - Pale blue dot adalah gambar (citra) Bumi yang diambil oleh wahana antariksa Voyager 1 pada jarak 6 miliar km tepatnya di cincin saturnus.

Bumi terlihat sangat kecil ya dari luar angkasa sana, bayangkan dengan besarnya alam semesta ini, bumi sangat sangat sangat kecil, apalagi makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Citra bumi ini diambil oleh Voyager 1, program luar angkasa dalam rangka mempelajari apa saja yang di luar tata surya juga merupakan benda buatan manusia terjauh yang pernah mengapung di luar angkasa yang gelap sana.

Diambil dengan Voyager Imaging System yang dibekali dengan fitur long exposure dengan filter cahaya, kalau saja diambil dekat matahari maka dikhawatirkan instrumen kameranya bakalan rusak, jadi pihak NASA mengakalinya dengan refleksi cahaya saturnus.

Welp, sebenarnya Voyager 1 selain dari mengambil foto Bumi, foto-foto planet yang ada di Tata Surya ini semuanya juga diambil, dengan koleksi foto bernama Family Portrait, atas permintaan Carl Sagan.

Siapa itu Carl Sagan? Ia adalah sosok tokoh yang dikenal dalam kemajuan bidang Astronomi, yang sangat tertarik dengan peradaban ekstraterestial, karena ia bingung "jika bumi sekecil ini di Alam Semesta, bagaimaana dengan planet lain, mungkin saja ada makhluk hidup lain di Alam Semesta ini."

Palelu Bau Kodok

Carl sagan membuat sebuah kutipan yang sangat menginspirasi di sini, tulisannya yang sudah saya terjemah:

Lihat lagi ke dalam bintik kecil itu, itu di sini itu adalah rumah, itu adalah kita. 

Di dalamnya semuanya yang kau cintai, semuanya yang kau tahu, semuanya yang kau pernah dengar, semua orang yang pernah meninggal dunia. 

Agregat dari ketenangan dan penderitaan kita, ribuan kepercayaan dan agama, ideologi, dan doktrin ekonomi

dari semua pahlawan, dari semua pembuat dan perusak peradaban, dari semua raja-raja, pasangan muda yang sedang dalam cinta, setiap orangtua, investor dan petualang, dari setiap guru yang bermoral, setiap politisi korupsi, dari setiap superstar (artis), setiap supreme leader, dari semua dosa

yang pernah dibuat dalam sejarah manusia, terdapat di Bumi, di dalam sebuah debu yang ditangguhkan sinar matahari.
-Carl Sagan

Jadi Pale Blue Dot ini secara tidak langsung mengatakan betapa kecilnya kita dan seberapa tak terlihatnya manusia apalagi bila dibandingkan alam semesta yang baru diketahui yang memilikki diameter 90 miliar tahun cahaya, kamu bahkan jauh di bawah micropixel.

Jadi, mengapa kamu membesarkan diri atau dalam istilah lain sombong? Padahal kamu itu kecil di Dunia ini bila dibandingkan dengan kuasa tuhan yang sudah menciptakan alam semesta ini.

Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi, terima kasih dan sampai jumpa lain waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pale Blue Dot: Bumi tempat kita tinggal"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)