Bumi Semakin Menjauh dari Matahari

Bumibhol Adulyadej
Bumi merupakan planet yang kita huni sekarang ini, berbentuk bola, dan memilikki kekayaan alami yang luas.

Ratusan atau ribuan tahun yang lalu, tepatnya 4-5 abad yang lalu, astronom islam bernama Al-Battani mengkalkulasikan jarak dari Bumi ke Matahari dengan akurasi sampai 5 desimal, dan sebenarnya masih banyak yang telah mengspekulasikan atau berpendapat jarak bumi-matahari sebelum masehi, yaitu oleh Aristarchus of Samos.

Samos menyatakan kalau jarak antara Bumi dengan Matahari adalah 20x jarak antara Bumi dengan Bulan. Mengetahui pendapat tersebut astronom modern saat ini telah menghitung dengan ketepatan yang lebih akurat, yaitu 149,597,870.696 km. 

Tapi, faktanya orbit Bumi selalu menjauhi Matahari, benarkah demikian? 

Tentu saja! Hal ini adalah benar, pertama kalinya hal ini disebabkan oleh nilai gravitasi, maksud saya bukan berarti gravitasi Bumi berubah, namun pergerakan matahari yang semakin cepat membuat nilai kemampuan untuk menarik benda sekitarnya dari massanya yang sangat besar sangat kecil.

Ini sebenarnya mempunyai koefisiensi dengan massa. Dilihat dari pernyataannya, banyak ilmuwan berpendapat mengapa ada Gravitasi? Tentu saja karena ada massa. 
Massa yang satu selalu menarik massa yang lainnya
Itulah sebabnya mengapa Bulan mengorbit bumi dan Bumi mengorbit Matahari, serta Matahari mengorbit Bima Sakti. Lalu Bima Sakti mengorbit ke mana? Sebenarnya jika alam semesta ini tidak mengembang maka bima sakti hanya diam bergerak karena tertahan oleh materi gelap, tapi akibat banyaknya jumlah energi gelap dibandingkan materi gelap, Bima Sakti bergerak menjauhi CBR, dan sebentar lagi (kurung waktu 4 miliar tahun).

Nah, karena kita sudah mengetahui bahwasanya Matahari mengorbit bima sakti, seberapa cepatkah matahari bergerak? Itu dia permasalahannya, mengapa bumi bergerak menjauhi planet karena Matahari kita sendiri.

Fakta unik, sebenarnya semua planet yang ada di Tata Surya menjauhi Matahari (induk bintang) itu sendiri.

Faktor yang membuat semua planet Tata Surya menjauh Matahari

Saya akan menjelaskan secara ringkas. berikut faktornya:

1. Angin Surya dan Radiasi surya serta Fusi Nuklir menyebabkan penurunan dari massa Matahari, sehingga semakin kurang massa matahari semakin kurang juga gaya tarik Gravitasinya.

2. Matahari bergerak mengorbit bima sakti dengan kecepatan rata-rata 828.000 km/h, dan di dalam pergerakannya banyak rintangan seperti angin surya, menyebabkan turunnya gravitasi.

3. Efek tidal


Secara ringkasan tersebut kamu sudah mengetahui informasinya, namun seberapa besar efeknya terhadap waktu di Bumi?

Yup, tidak terlalu besar, 0,002 detik lebih lama setiap tahun/2 ms (milisekon) per tahunnya akibat dari pergerakan bumi yang menjauhi matahari... Begitu pula dengan bulan yang menjauh bumi 3,82 cm per tahun dan mengalami efek dilasi waktu yang lebih lama dari sebelumnya.

Terima kasih semoga informasi ini dapat bermanfaat, sekian dan sampai jumpa lain waktu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bumi Semakin Menjauh dari Matahari"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)