Pengertian dari Fusion dan Fission

 Apakah anda tahu apakah pengertian dari kata-kata perpaduan nuklir dan pembelahan nuklir? 

fisi
                                          source : www.thinglink.com
Yang pertama adalah fusion (perpaduan) nuklir yaitu proses menggabungkan dua atom atau lebih menjadi satu atom yang lebih besar dan dalam prosesnya menyebabkan sejumlah besar energi dilepaskan. Proses ini biasa terjadi di dalam bintang, seperti bintang kita yaitu Matahari. Salah satu contoh adalah penggabungan Deuterium dengan Tritium yang menjadi Helium-4 dan membebaskan neutron yang tersisa serta melepaskan energi yang besar.
fusi dan fissi
                                          source : www.eniday.com
 Tetapi, untuk melakukan proses ini diperlukan lingkungan yang mempunyai suhu dan tekanan yang sangat tinggi. Serta, dibutuhkan energi yang sangat besar untuk dapat menyatukan dua atau lebih atom menjadi satu. Karena itu, reaktor nuklir yang menggunakan proses fusion (perpaduan) masih dalam tahap percobaan.

 Selanjutnya adalah fission (pembelahan) yaitu proses pembelahan satu atom menjadi dua atau lebih atom yang dapat melepaskan sejumlah energi walaupun tidak sebanyak energi yang dihasilkan oleh proses fusion (perpaduan). Proses ini biasa terjadi dalam Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir dan bom atom. Proses ini membutuhkan energi yang lebih kecil daripada proses fusi (perpaduan) dan lebih mudah dilakukan. Salah satu contoh adalah Uranium U-235 yang di bombardir partikel kecil seperti neutron yang menyebabkan pembelahan atom tersebut menjadi atom-atom yang lebih kecil dan seterusnya mengakibatkan reaksi berantai.
fussi dan fissi
                                          source : www.nuclear-power.net
 Namun, proses fission (pembelahan) juga mempunyai beberapa kekurangan, salah satunya adalah proses ini memproduksi banyak partikel radiasi dibandingkan proses fusion (perpaduan) dan jika tidak di tangani dapat membahayakan lingkungan dan kehidupan.

 Dan itulah pengertian dari proses fusion (perpaduan) nuklir dan fission (pembelahan) nuklir. Saya harap anda mengerti tentang kedua proses tersebut dan tidak tambah bingung :v.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian dari Fusion dan Fission"

Berkomentarlah dengan bijak! :)