NASA mengkonfirmasi bahwa Mars baru saja keluar dari zaman Es

Mars

Para ilmuwan menggunakan data radar dari NASA Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) telah menemukan catatan usia Mars es terbaru disimpan di kutub utara planet.

Hasil baru setuju dengan model sebelumnya yang menunjukkan periode glasial berakhir sekitar 400.000 tahun yang lalu, serta prediksi tentang berapa banyak es akan telah terakumulasi di kutub sejak itu.

Hasilnya, diterbitkan dalam 27 Mei jurnal Science, membantu memperbaiki model masa lalu Red Planet dan iklim di masa depan dengan memungkinkan para ilmuwan untuk menentukan bagaimana es bergerak antara kutub dan pertengahan garis lintang, dan dalam volume apa.

Mars memiliki kutub terang es yang mudah terlihat dari teleskop di Bumi. Sebuah penutup musiman es karbon-dioksida dan salju diamati untuk memajukan dan mundur atas kutub selama tahun Mars. Selama musim panas di utara planet, sisanya tutup kutub utara adalah semua air es; tutup selatan adalah air es juga, tetapi tetap tertutup oleh lapisan yang relatif tipis es karbon dioksida bahkan di musim panas selatan.

Tapi Mars juga mengalami variasi kemiringan dan bentuk orbitnya lebih dari ratusan ribu tahun. Perubahan ini menyebabkan pergeseran besar dalam iklim planet, termasuk zaman es. Bumi memiliki serupa, tetapi kurang bervariasi, fase yang disebut siklus Milankovitch.

Para ilmuwan menggunakan data dari MRO ini Dangkal Bawah Permukaan Radar (Sharad) untuk menghasilkan gambar yang disebut radargrams yang seperti irisan vertikal meskipun lapisan es dan debu yang terdiri dari Mars deposito es di kutub. Untuk studi baru, para peneliti menganalisis ratusan gambar tersebut untuk mencari variasi dalam sifat lapisan.

Para peneliti mengidentifikasi batas dalam es yang meluas di seluruh topi kutub utara. Di atas batas, lapisan akumulasi sangat cepat dan seragam, dibandingkan dengan lapisan di bawah mereka.

"Lapisan dalam beberapa fitur layar ratus meter atas yang menunjukkan periode erosi, diikuti dengan periode akumulasi cepat yang masih terjadi saat ini," kata ilmuwan planet Isaac Smith, penulis utama studi tersebut. Smith memimpin pekerjaan sementara di Southwest Research Institute di Boulder, Colorado, tapi sekarang di Science Institute Planetary di Tucson, Arizona.

Di Bumi, zaman es memegang ketika daerah kutub dan lintang tinggi menjadi lebih dingin dari rata-rata selama ribuan tahun, menyebabkan gletser tumbuh ke arah pertengahan garis lintang. Sebaliknya, berbagai Mars terjadi ketika - sebagai akibat dari planet meningkat tilt - kutub menjadi lebih hangat dari lintang rendah. Selama periode ini, kutub mundur dan uap air bermigrasi ke arah khatulistiwa, membentuk es tanah dan gletser di pertengahan garis lintang. Sebagai hangat kutub periode berakhir, es di kutub mulai mengumpulkan lagi, sementara es yang hilang dari pertengahan garis lintang. retret ini dan pertumbuhan kembali es kutub adalah apa Smith dan rekan melihat dalam catatan diungkapkan oleh gambar radar Sharad.

Peningkatan es di kutub mengikuti zaman es lintang pertengahan juga diharapkan dari model iklim yang menunjukkan bagaimana es bergerak di sekitar berdasarkan sifat orbital Mars ', terutama kemiringannya. Model ini memprediksi zaman es Mars terakhir berakhir sekitar 400.000 tahun yang lalu, sebagai kutub mulai dingin relatif terhadap khatulistiwa. Model menunjukkan bahwa sejak saat itu, deposito kutub akan menebal sekitar 980 kaki (300 meter).

Unit atas diidentifikasi oleh Smith dan rekan mencapai ketebalan maksimum 1.050 kaki (320 meter) di tutup kutub, yang setara dengan 2-kaki-tebal (60-sentimeter-tebal) lapisan global es. Yang pada dasarnya sama sebagai model prediksi yang dibuat oleh peneliti lain pada tahun 2003 dan 2007.

"Ini menunjukkan bahwa kita memang telah mengidentifikasi catatan periode glasial Mars terbaru dan pertumbuhan kembali es di kutub sejak saat itu. Menggunakan pengukuran ini, kita dapat meningkatkan pemahaman kita tentang berapa banyak air yang bergerak antara kutub dan lintang lainnya, membantu untuk meningkatkan pemahaman kita tentang iklim Mars, "kata Smith.

Setelah 10 tahun di orbit, Mars Reconnaissance dan yang instrumen enam ilmu masih dalam bentuk sangat baik. "Umur panjang misi telah memungkinkan lebih menyeluruh dan ditingkatkan cakupan radar dari kutub Mars," kata Richard Zurek, ilmuwan proyek misi di NASA Jet Propulsion Laboratory, Pasadena, California. "Umur panjang kami di orbit dan alat analisis 3-D yang kuat yang memungkinkan para ilmuwan untuk mengungkap sejarah iklim masa lalu Mars '."

Italia Space Agency tersedia instrumen Sharad di Mars Reconnaissance Orbiter dan Sapienza University of Rome mengarah operasinya. JPL, sebuah divisi dari California Institute of Technology di Pasadena, mengelola misi untuk Direktorat Misi Sains NASA di Washington. Lockheed Martin Space Systems dari Denver dibangun pengorbit dan mendukung operasinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "NASA mengkonfirmasi bahwa Mars baru saja keluar dari zaman Es"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)