Teleskop Hubble mendeteksi Bulan yang mengorbit planet Makemake

Huh, Makemake mempunyai Bulan, benarkah? Mari kita simak langsung.
Ilustrasi Bulan MK2 planet Makemake
Planet Makemake dengan Satelitnya, kredit: NASA/ESA/Hubble and A. Parker
Tidak disangka ternyata sebuah planet Katai seperti planet Makemake memilikki satelit alami juga, seperti halnya dengan planet katai lain yaitu Pluto yang dikabarkan memilikki satelit alaminya. Biasa satelit alami pada planet katai justru malah sebesar sebuah provinsi di Indonesia saja, tidak terlalu besar.

Seperti yang sudah dilansr oleh NASA, bahwa terdeteksi satelit baru yang mengorbit Planet Makemake, satelit tersebut dinamakan MK2, dengan ukuran yang sangat kecil itu membuat satelit ini semakin unik dan terkesan menarik karena Planet Makemake merupakan planet yang hidup dan mempunyai teman.

Yang lebih mengejutkan lagi ternyata ketika saya telusuri lebih dalam, Planet Makemake ini lebih kecil daripada Bulan dan Pluto sehingga seharusnya planet katai Makemake ini tidak tergolong pada jenis yang kita sebut sebagai 'planet' tetapi, bukti lain menyatakan bahwa planet Makemake memilikki satelit, dan satelit adalah ciri khas sebuah benda di angkasa dapat disebut Planet. Perbandingan gambar planet Makemake bisa kalian lihat berikut ini:
Perbandingan antara Bumi dan Makemake
Makemake vs Earth, kredit: theplanets

Betapa mengejutkannya bukan? Planet Makemake ini hanya setara dengan negara Indonesia saja atau bahkan lebih kecil, lalu satelit MK2 seukuran mana? Satelit MK2 ini kecil dan ini seukuran dengan Provinsi Sumatra barat (bisa lebih kecil).

Planet Makemake sangatlah jauh dari bintang induknya (matahari) yaitu sekitar 50.2 AU (Astronomical Unit) atau setara dengan 78 milyar 40 juta kilometer dari matahari, membuat permukaan yang ada di Planet Makemake dingin dan sangat tidak cocok untuk kehidupan dapat berkembang di sana walaupun diketahui temperaturnya standar bagi tubuh Manusia.

Baca juga: Apakah ada kehidupan lain di Alam Semesta yang luas ini?

Planet Makemake hanya memilikki jari-jari 700 km, sungguh kecil sekali planet ini, selain dari itu, ternyata planet ini juga memilikki Atmosfer yang aneh dan batuan-batuan aneh hasil dari meteor yang jatuh dari kuiper belt ke Makemake. Batuan tersebut menghasilkan planet Makemake memilikki seperti bintik-bintik pada permukannya.

Makemake and MK2
Gambar planet Makemae menggunakan Hubble telescope, kredit: NASA/ESA/Hubble
Sudah lihatkan kalian cahaya kecil yang disebelah planet Makemake tersebut? Itulah Satelit alami dari planet yang kita ketahui Makemake ini! Teleskop Hubble telah mendeteksi gambar planet Makemake dengan satelitnya ini 26 april 2016, di low earth orbit sambil meneliti dengan pusat teleskop Hubble yaitu di Goddard Space Center, NASA.

Penemuan Bulan ini dapat memberikan informasi berharga dan penting khususnya untuk mengetahui bahwa semua Planet Katai/Kerdil memilikki satelit alaminya dan juga dengan mengukur Orbit Bulan, para fisikawan dapat menghitung massa untuk mengetahui sisten dan mendapatkan wawasan evolusinya.

"Planet Makemake ini sama kelasnya dengan Pluto sehingga membuat ini langka apabila memilikki satelit alaminya" Kata parker, "Penemuan bulan ini telah memberi kita kesempatan untuk belajar makemake jauh lebih rinci dan mengetahui bahwa pendamping planet itu penting."

Menemukan bulan ini hanya akan meningkatkan paralel antara Pluto dan Makemake. Kedua objek sudah diketahui tercakup dalam metana beku. Seperti hal yang sama dilakukan pada planet Pluto, Studi dilanjutkan dari satelit untuk memudahkan mengungkapkan kepadatan planet Makemake, hasil kunci menunjukkan jika komposisi massal Pluto dan Makemake adalah sama. "Penemuan baru ini membuka bab baru dalam Planetologi komparatif di luar tata surya." kata ketua tim Marc Buie dari Southwest research institute, Colorado.

Data-data inframerah sebelumnya tidak memiliki resolusi yang cukup untuk memisahkan Makemake dari MK 2. analisis ulang tim, berdasarkan pengamatan Hubble baru, menunjukkan bahwa banyak dari permukaan hangat terdeteksi sebelumnya dalam cahaya inframerah dapat, pada kenyataannya, hanya telah permukaan gelap dari pendamping MK 2.

Nah, kan sudah diketahui bahwa planet kerdil seperti Makemake ternyata juga memilikki satelit alami. Semoga postingan ini dapat bermanfaat buat anda semua!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teleskop Hubble mendeteksi Bulan yang mengorbit planet Makemake"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)