Mengapa Objek Langit dominan berbentuk Bulat?

Halo semuanya kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan menjelaskan sebuah pertanyaan yang menarik yaitu "Mengapa Objek Langit Dominan Berbentuk Bulat?" Nah, jawabannya akan di jawab di sini.
Mengapa Objek langit berbentuk lingkaran, gak kotak?

Objek langit adalah sebuah benda atau objek yang berada di langit seperti contohnya adalah Planet, Bintang, Galaksi, dan lain-lain. Nah, mengapa mereka semua berbentuk bulat? Jawabnya singkat saja karena Gravitasi.

Planet Bumi salah satunya, oke planet bumi memang tidak sepenuhnya berbentuk bulat melainkan berbentu Oblate Spheroid yaitu berbentuk bulat namun sedikit kelengkungan terhadap sisi horizontalnya atau gampangnya adalah berbentuk Ellips. Tapi mengapa berbentuk demikian? Kenapa tidak kotak saja?

Nah, kalian bayangin deh kalau Bumi ini berbentuk kotak, sisi jari-jari bumi tidak akan mampu menjangkau area ujung sudut kotak sehingga susah, selain dari itu jika sebuah negara berada dalam konteks pulau yang berbeda dari sisi kotak 1 ke yang lain maka dalam 1 negara itu sendiri walaupun kecil akan mengalami perubahan jadinya dalam 1 negara terdapat yang siang dan yang malam.

Bumi berbentuk demikian karena Gravitasi, setiap benda yang bermassa di alam semesta ini pasti mempunyai Gravitasi. Dalam hukum gravitasi, massa yang 1 menarik benda yang lainnya itulah sebabnya mengapa Bumi mengorbit Matahari dan Bulan mengorbit Bumi, karena massa yang saling menarik.

Ketika bumi pertama kali dibentuk berasal dari sebuah bebatuan langit raksasa yang tergabung melalui satu karena gravitasi yang kemudia membuat bumi berbentuk solid tidak terpecah lagi, sebenarnya bumi pernah mengalami perpecahan yaitu saat tertabrak Theia, sehingga terciptalah Bulan yang solid tergabung dari pencampuran mantel bumi dan sisa batuan tabrakan planet Theia.

Nah, selain dari itu semua ternyata lingkaran juga bentuk yang paling effisien bagi material untuk saling menarik dibandingkan dengan kotak, segitiga, ataupun trapesium yang mempunyai sudut sudut yang susah dijangkau.

Kembali dengan pernyataan setiap benda yang bermassa pasti akan berbentuk bulat, kalian pasti akan bertanya mengapa bentuk manusia, komputer, atau apapun itu bentuknya tidak bulat? Karena Gravitasi mereka sangatlah kecil dibandingkan dengan bumi jadi memungkinkan mereka membentuk gravitasi di sudut-sudut yang susah dijangkau.

Nah, sama halnya dengan Asteroid, komet, ataupun benda bintang lainnya yang mereka tidak memilikki bentuk lingkaran yang solid karena gaya tarikan antar material atau tarikan gravitasi mereka tidak sebesar bumi ataupun planet lain di alam semesta ini, bentuk bulat juga merupakan suatu syarat bahwa objek langit itu dapat disebut Planet.

Kesimpulannya 

Nah seperti yang saya utarakan di atas, kesimpulannya singkat yaitu semua benda yang memilikki massa (mass) pasti memiliki gravitasi dan gravitasi memiliki kekuatan untuk saling tarik menarik antara material 1 dengan material yang lain layaknya Bumi merotasi Matahari dan Bulan merotasi Bumi, dan disimpulkan bahwa "Kenapa Objek langit berbentuk dominan bulat?" Karena Gravitasi!
Hukum Gravitasi Konstan

Yap, semua penjelasan saya sudah selesai, semoga postingan ini bisa bermanfaat dan bisa menambahkan wawasan atau ilmu pengetahuan kalian semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Objek Langit dominan berbentuk Bulat?"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)