Besok adalah hari perayaan Apollo 16!

Halo semuanya, ini adalah postingan pertama saya, oke bahas nanti di halaman tentang blog ini saja. Nah, kali ini saya akan memposting tentang hari perayaan Apollo 16, maksudnya bukan Apollo 16 pertama kali meluncur tetapi pertama kali mendarat di Bulan.

Nah, kalian semua di sini pasti sudah tau yang namanya objek langit yang disebut dengan Bulan yaitu sebuah objek yang mengorbit di Bumi kita ini untuk menyeimbangkan kedudukan revolusi bumi dan rotasi bumi, wah betapa pentingnya ya bulan, jika kala kita tidak memilikki bulan apa yang terjadi? Bumi hancur bertabrakan dengan planet lain, bumi keluar dari area Goldilocks Zone, dan lain-lain.

Apollo 16
Apollo 16 logo
Apollo 16 merupakan 10 dari misi apollo yang ke-5nya mendarat di Bulan. Apollo 16 merupakan misi apollo yang berhasil mendaratkan pesawat luar angkasanya ke Bulan yang tepat jatuh pada tanggal 21 April 1972, karena kebetulan hari ini adalah hari 20 April 2016 dan besok akan jadi hari perayaannya apollo 16 ini!

Apollo 16 pertama kali meluncurkan misinya menggunakan roket Saturn-V SA-511 dengan budget (biaya) sekitar $25 billion atau setara dengan Rp 325 Triliun. Sungguh budget yang fantastis tetapi apollo mission ini semuanya dapat terlaksana berkat seorang presiden yang kala saat itu sedang makmur yaitu John f Kennedy, hingga pada akhirnya ia tewas karena dibunuh pada saat sidang konferensi berlangsung.

Siapa sajakah yang mengikuti misi ini?
Kru Apollo 16
Nah, terlihat masih segar dan masih muda bukan? Mattingly (kiri) Young (tengah) dan Duke (kanan). Itulah para astronomer NASA yang menjalankan misi Apollo 16 dan mendaratkan pesawat modulnya dengan selamat.

Hmm, sudahkah anda berpikir atau memang sedang memikirkannya. Untuk apa NASA merekrut para astronomer untuk pergi ke Bulan? Nah, poin pentingnya di sini adalah semuanya tentang Astronomi, Astrobiologi, dan Astrofisika. Mereka mempelajari ilmu baru di Bulan lalu mengirimkan grafik datanya ke NASA yang akan diteliti lagi lebih dalam, kadang berhubungan dengan Gravitasi, Hukum Newton, Hukum Kepler, Hipotesa seorang fisikawan, dan masih banyak lagi serta mempelajari permukaan bulan. 

Bagi kalian yang ingin menonton video yang sudah lama diupload sekitar 1972 lalu sudah dipublikasikan oleh website archive organization. Silihkan dilihat video Apollo 16: Nothing So Hidden Part 1 - Apollo 16: Nothing So Hidden Part 2.

Oh iya satu lagi, saya ingin menyampaikan informasi bahwa setiap misi apollo mempunyai tugas khusus, seperti Apollo 16 yaitu untuk mempelajari bidang tinggi pada permukaan Bulan, itulah sebabnya pesawat modulnya menargetkan untuk mendarat di dataran tinggi bulan yaitu Descartes Highlands lalu menancapkan lunar modul untuk berkendara di bulan. Apollo 16 meluncurkan misinya melalui Kennedy Space Center.

Berapa lama Apollo 16 berada di Bulan?

Sebenarnya misi Apollo ini memakan waktu lama, karena waktu dulu transportasi luar angkasa belum secanggih sekarang dan kecepatan pada saat itu masih sangat relatif rendah yang memungkinkan ke bulan dalam waktu 4-5 hari lalu berada di bulan selama 2 hari lebih. 

Etts! Jangan dikira misi ini mudah kawan-kawan. Pada saat misi Apollo 16 berlangsung dan sudah hampir sampai ke Bulan, ada sistem yang rusak yaitu sistem pendorong utama CSM  (Command Service Module) akan tetapi karena risikonya tidak terlalu tinggi maka Duke dan Young diizinkan untuk mengijakkan kakinya di Bulan, dan menjalankan misinya.

Jujur, mengendarai roket atau menavigasi roket itu adalah hal yang paling sulit, dibutuhkan keahlian khusus serta kemampuan dalam berpikir cepat karena pada saat itu, para astronom harus menghitung titik kordinat dengan satuan IAU (International Astronomical Union) jika perputaran atau pergerakan ada yang salah maka kacau sudah semuanya, bahkan jika pesawat modulnya berbeda dari titik pusat sejauh 1 cm saja bisa membuat celaka para astronom kelak.

Ya jika ditotal pulang pergi dan menelusuri Bulan semuanya hampir 2 minggu atau 14 hari, misi Apollo merupakan misi terberat dalam sejarah Antariksa dan Luar Angkasa, hanya NASA yang mampu memberikan peluang astronom ke bulan dengan syarat tertentu dan terbatas, sementara NASA mempunyai rencana lagi dan berdiskusi antar space agency, seperti ESA (European Space Agency), JAXA, dll untuk mendaratkan Manusia di Mars atau yang biasa kita sebut sebagai Planet Merah.

Kesimpulan

Berhubungan hari ini adalah 20 April 2016, dan besok merupakan hari perayaan Apollo 16 maka saya ingin menjelaskan sesuatu tentang cara menjadi Astronomer atau Astronaut. Berikut adalah kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi calon Astronaut:

Untuk menjadi Commander atau Pilot Spacecraft
  1. Membutuhkan keahlian khusus, dan pengetahuan yang lebih tentang sains fisika, biologi, kimia, matematika, geografi, dan juga memilikki nilai yang sangat tinggi sekali.
  2. Sudah memilikki pengalaman terbang dengan Aircraft atau Jet selama 1000 jam penerbangan, data grafik juga dilihat dari PPL, CPL, IR, ME.
  3. Mempunyai keseimbangan tubuh dan fisik yang sangat kuat serta kondisi yang memungkinkan di segala cuaca dingin maupun panas terik.

Untuk Mission Specialist

 Bermakna spesial karena tugasnya ini yang lebih sulit dibandingkan dengan seorang pilot, inilah yang harus paham sekali semuanya tentang rumus quantum fisika, astronomi, biologi, geografi, mempelajari titik kordinat yang cukup jauh. Intinya yang ini jauh lebih sulit.

Oke itu saja sekian dari saya kurang dan lebihnya mohon dimaafkan, wassalam wr.wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Besok adalah hari perayaan Apollo 16!"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! :)